Kamis, 01 Desember 2011

Masker alami buatan sendiri, bahannya dari Dapur kita sendiri.

Cantik tidak perlu menghabiskan biaya puluhan ribu bahkan hingga jutaan rupiah. Asal anda telaten, hasil yang anda dapat pun tidak akan kalah dengan produk kecantikan yang mahal. Salah satu triknya adalah dengan menggunakan masker alami buatan sendiri. Selain murah dan mudah dibuat, tentunya tidak mengandung efek samping karena bahan-bahan yang digunakan adalah bahan alami, bonusnya adalah anda dapat memakannya :P .
Bahan-bahannya, ada di dapur dan di dalam kulkas anda.

  •  Masker untuk semua jenis kulit Anda dapat menggunakan buah tomat merah karena kandungan vitamin C nya yang tinggi. Tomat dapat menjaga kelembutan dan menghaluskan kulit dan jika digunakan rutin setiap minggu akan membantu mengecilkan pori-pori. Cara membuat: haluskan 1-2 buah tomat dengan blender.campur dengan 1sdm susu bubuk dan 25ml perasan jeruk lemon. Aduk dan oleskan pada wajah sembati dipijat. Diamkan 15 menit lalu bilas dengan air hangat. Setelah itu kompres sebentar wajah dengan waslap basah dingin. 
  •  Masker untuk kulit normal Gunakan jeruk untuk menjaga kulit normal anda. Jeruk dapat menghaluskan, mengencangkan, mengontrol produksi minyak di kulit. Cara membuat: peras 2 buah jeruk Sunkist lalu campur dengan 1sdm gelatin (bisa didapat di took bahan makanan). Aduk rata dan simpan dalam kulkas sampai adonan cukup padat. Lalu oleskan pada wajah tapi hindari daerah sekitar matan dan bibir. Diamkan 15 menit lalu bilas dengan air sejuk. 
  •  Masker untuk kulit kering Alpukat sangat cocok untuk mengatasi masalah kulit yan satu ini karena kandungan lemaknya yang dapat melembabkan dan membuat kulit terlihat kenyal. Cara membuat: haluskan 1 buah alpukat dan campur dengan 1sdm madu. Oleskan pada wajah dan diamkan sampai kering. Bilas dengan waslap atau spons lembut yang dibasahi dengan air hangat.
  •   Masker untuk kulit berminyak Timun adalah alternative untuk kulit berminyak. Selain menyegarkan kulit kusam dan mencerahkan kulit, timun juga bisa mengontrol kelebihan minyak di kulit. Cara membuat: haluskan 1 buah timun (blender atau parut), campurkan dengan 1sdm minyak zaitun dan 4sdm susu segar yang sudah dididihkan. Aduk dan tunggu sampai tidak panas lalu oleskan pada wajah dan leher. Tunggu 15 menit lalu bilas dengan air hangat. 
  •  Masker untuk kulit kombinasi (jerawat tapi kering di beberapa area) Kulit kombinasi memang agak susah untuk ditangani. Tapi jangan putus asa karena anda dapat menggunakan jeruk nipis untuk mengatasinya. Cara membuat: peras setengah bagian jeruk nipislalu campur dengan putih telur yang sudah dikocok hingga kaku (berbusa putih). Aduk rata dan oleskan pada wajah, tunggu selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.
  •  Masker untuk mencerahkan kulit Susu berfungsi untuk menghaluskan, memutihkan, dan membuat kulit tampak berkilau sehat. Gunakan susu full cream (tidak mengandung pemanis) untuk memanfaatkan kandungan lemak susunya, dan jangan gunakan susu low fat karena kurang cocok untuk masker Cara membuat: campurkan 2sdm susu bubuk, 1sdm madu, dan 2sdm air panas. Tunggu sampai hangat lalu oleskan pada wajah, tunggu selama 15 menit (sampai masker kering) lalu bilas dengan air hangat. Ikuti dengan penggunaan cleansng foam yang biasa anda gunakan dan lanjutkan dengan penggunaan pelembab wajah.
  •   Masker untuk kulit berjerwat Coba gunakan apel untuk jerawat yang membandel di kulitmu. Apel dapat mentralisir minyak dan membuat kulit wajah lebih fresh. Cara membuat: blender 2 buah apel sampai halus lalu segera balurkan pada wajah untuk mendapatkan khasiatnya. Biarkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat. Itu tadi beberapa resep masker yang mudah anda buat. Selamat mencoba :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar